Pinjam Motor Malah Digadaikan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Butuh uang untuk kepentingan pribadi, AA (29) warga  Lingkungan Krajan Rt/Rw 01 Kelurahan Semawung Daleman Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo nekad menggadaikan motor yang dipinjam dari kenalannya. Akibat perlakuan ini tersangka dilaporkan polisi dan ditahan di Mapolres Purworejo.

“Ini aksi penipuan atau penggelapan dengan modus meminjam sepeda motor kemudian digadaikan,” kata Kapolres Purworejo melalui Kasat Reskrim AKP Ario Seto Liestyawan, Kamis (12/9/2019).

Aksi penggelapan ini menurut Ario Seto Liestyawan, berwal saat tersangka meminjam motor milik kenalannya Yohanes Nopen Mangasi (33) yang beralamat di Jalan Peta Selatan Bulak Teko No 6 Rt 08/Rw 11 Kelurahan/Kecamatan Kalideres Jakarta Barat saat korban berada di Ruko Taman Bermain Anak (TBA) Purworejo. “Alasan tersangka meminjam motor untuk keperluan ziarah ke makam kakek dan neneknya di Kutoarjo. Tapi setelah ditunggu beberapa lama tidak juga kembali,” jelas Ario Seto Liestyawan.

Atas perlakuan ini, korban akhirnya melapor ke Polres Purworejo dan dilakukan penyidikan hingga penangkapan tersangka. “Tersangka mengaku butuh uang sehingga menggadekan motor orang lain,” jelasnya.

Saat motor dipinjam, di dalam jok terdapat STNK sepeda motor dan uang tunai sekitar Rp. 2.000.000. “Akibat kejadian ini korban menderita kerugian sekitar Rp 15.000.000,” kata Ario Seto Liestyawan seraya menambahkan, atas perlakukan ini tersangka dapat dijerat dengan hukuman paling lama 4 tahun penjara. Sedang barang bukti (BB) yang diamankan polisi berupa sepeda motor Honda Beat dan lainnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI