Polisi Bekuk Dua Lelaki Penanam Pohon Ganja

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Dua lelaki penanama pohon ganja di dalam pot, Sut (39) warga Desa Panembangan,dan Iq (27) warga Desa Sokawera, Cilongok, Banyumas, dibekuk Satuan Reserse Satuan Narkoba Polres Banyumas di lokasi berbeda.

Waka Polres Banyumas, Kompol Heru Budi Harto SIK, didampingi Kasat Res Narkoba AKP Endang SW, Kamis (28/2/2019) menjelaskan, dua pelaku ditangkap Rabu (27/2/2019) malam di lokasi berbeda. "Penangkapan kedua lelaki pemilik tiga pohon ganja itu, berawal polisi mendapat informasi dari warga adanya penanaman pohon ganja," kata Kompol Heru.

Menurutnya setelah polisi mendapat informasi penanaman pohon ganja, polisi terus melakukan penyelidikan di lokasi di Desa Panembangan, dan Sokawera. Polisi kemudian mendatangi rumah Sut, dan mendapati dua pohon ganja dalam pot setinggi 20 centimeter, dan 68 centimeter yang berada kebon belakang rumah. 

Dari pengakuan  Sut, ia mendapatkan biji ganja dari Iq  warga  Desa Sokawera. Di rumah Iq, polisi mendapat satu  pohon ganja di pot hitam setinggi 45 centimeter. Selanjutnya pohon ganja  dibawa ke Sat Narkoba Polres Banyumas.

Ia, menambahkan penanaman pohon ganja, berawal pelaku Iq, mendapatkan biji ganja. Iq, membeli ganja kering seberat 0,5 gram seharga Rp 150.000. Kemudian pelaku memisahkan bijinya yang sebagian ditanam dan sebagian diberikan pelaku Sut, untuk ditanam, sedangkan daun ganja kering yang ia beli dipergunakan untuk membuat teh sebagai obat orang tuanya yang menderita penyakit gula. 

Berkaitan dengan penamanam pohon ganja kedua pelaku dijerat pasal 111 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, yakni setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat  empat tahun dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta.(Dri)

BERITA REKOMENDASI