Polisi bekuk Komplotan Pembius

KLATEN (KRjogja.com) – Tiga orang anggota komplotan pencurian dengan kekerasan, dengan modus membius korban, berhasil ditangkap jajaran Sat Reskim Polres Klaten.

Kapolres Klaten AKBP Faizal melalui Kasat Reskrim AKP Farial Ginting Selasa (23/8/2016) mengemukakan, para pelaku berasal dari lintas propinsi. Yakni HMF alias Beni (61) warga kelurahan Duren Seribu, Bojong sari, Depok, Jawa barat. Ia berperan mencari korban, sertamemebrikan obat pada korban agar tidak sdarkan diri. Yn alias Eko (47) warga Pare Rejo, Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.

Berperan membawa dan menjual hasil kejahatan berupa satu unit truk Nopol K1371 SF pada pembeli bernama mansyur warta Nusa Tenggara Barat. Pelaku lain adalah, As alias Pak Jes (66) warga Sukoharjo, Klojen, Malang. Berperan menerima hasil kejahatan berupa satu unti handphone.

Modus yang dilakukan adalah, dengan berpura-pura mencari angkutan  berup truk, untuk mengankut arang keluar daerah. Korban diajak bertemu, selanjutnya diajak ngobrol dan diberi minuman  yang telah dicampur dengan obat penenang. Setelah korban tidka sadar, pelaku membawa kabur truk dan barang lain milik korban.

Sebelum kejadian, korban  Suwarsono (48) warga Wonoboyo, Tawangrejo, Tawangharjo, Grobogan, ditelepon oleh pelaku HMF. Saat itu korban dalam perjalanan dari Solo bersama adiknya, Suwisnu, diajak pelaku untuk bertemu di warung sop ayam pak Min. Berhubung warung belum buka, akhirnya korban diajak ke tempat kost tersangka HMF yang berada di belakang warung tersebut.

Dengan dalih agar stamina kuat, korban dan adiknya, disuruh minum obat. Setelah minum obat berbentuk kapsul, korban maupun adiknya mengantuk dan tidak sadar. Saat terbangun, pelaku sudah kabur membawa truk dan barang-barang milik korban.

Mendapat laporan tersebut, sat reskrim melakukan pengusutan, hingga akhirnya berhasil menangkap para pelaku. Pada awalnya polisi berhasil menangkap As di jalan manukan, Surabaya. Dari hasil pengembangan selanjutnya membekuk HMF. Selain itu juga berhasil menangkap Yn di Hotel Adiguna Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Sit)

BERITA REKOMENDASI