Polisi Gadungan Tipu Mahasiswi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang mahasiswi menjadi korban penipuan oleh orang yang mengaku sebagai anggota Polisi. Novia Yuni Artanti (26) mahasiswi asal Malang Jawa Timur (Jatim) panik saat mendapat kabar jika adiknya mengalami kecelakaan yang membuat korbannya meningal dunia. Sesorang mengaku Polisi yang menghubunginya itu meminta sejumlah uang ‘damai’ agar kasus tersebut dapat diselesaikan.

Peristiwa ini berawal saat korban menerima telephon dari pria yang mengaku anggota Polisi. Suara dari seberang telephon itu mengabarkan jika adik korban terlibat kasus kecelakaan yang menewaskan seseorang pengendara.

Pria yang mengaku bernama Rudiyanto ini meminta kepada korban sejumlah uang ‘damai’ agar kasus yang melibatkan adiknya itu tak diproses secara hukum. Korban menuruti permintaan itu dan ia mentrasfer uang Rp 1.700.000 ke rekening yang telah disebutkan pria tersebut melalui anjungan ATM yang berada di sebuah minimarket kawasan Jetis Yogyakarta.

Setelah selesai mentransfer uang tak berapa lama kemudian ia menghubungi adiknya dan ternyata tak terjadi apa-apa. Merasa telah ditipu korban kemudian melapor apa yang dialaminya itu kepada Polisi. “Kasusnya dilaporkan ke Polresta (Yogyakarta),” kata Kanit Reskrim Polsekta Jetis, Iptu Muzaki kepada KRJOGJA.com, Minggu (18/02/2018).

Atas kejadian ini Polisi mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tak mudah percaya dengan penipuan modus seperti itu. Polisi menegaskan tidak pernah meminta uang ‘damai’ kepada masyarakat apalagi mengarahkan untuk mentransfer sejumlah uang guna menyelesaikan suatu permasalahan hukum. (Van)

BERITA REKOMENDASI