Polisi Geledah Kontrakan Tersangka ‘Joki’

BANTUL,KRJOGJA.com – Praktik perjokian ujian masuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memunculkan nama  berinisial  Mr yang ditengarai sebagai aktor intelektual dalam kasus itu. Polisi juga sudah menggeledah rumah kontrakan milik tersangka Rz (26) di Jalan Monumen Jogja Kembali (Monjali) Nandan Sleman.  

Dari rumah itu polisi menyita tiga karton berisi berbagai dokumen yang diduga untuk memuluskan aksi perjokian itu. Barang bukti itu diantaranya  belasan lembar kartu pendaftaran, KTP, akte ,ijazah  palsu serta  stampel dari sejumlah lembaga pendidikan.

Kapolsek Kasihan Kompol Supardi SH didampingi Kanit Reskrim Polsek Kasihan AKP Endro Prasetyandoko SH Selasa (6/6/2017) mengatakan, digeledahnya rumah kontrakan di Monjali setelah tersangka Rz  menyebutnya sebagai tempat berkumpulnya sindikat perjokian itu.  Pada Senin (5/6/2017) malam polisi mengecek satu persatu isi rumah yang ditempati Rz  dan Mr itu.

Endro Prasetyandoko menambahkan, dari dokumen yang disita itu belum semua diidentifikasi fungsinya. "Kami masih memilah milah dokumen yang kami sita, karena dari sitaan itu belum semua kami ketahui fungsinya," ujarnya.  

Dijelaskan, di rumah tersebut selain ditempati Rz juga dijadikan lokasi pertemuan sindikat yang dipimpin  Mr. Namun hingga kini keberadaan Mr juga belum diketahui, termasuk ditempat kosnya di daerah Gondokusuman juga tidak ada. Meski begitu polisi hingga kini belum mengetahui secara pasti tugas pokok dari Vito, Rio dan Ad yang sebelumnya disebut Rz pernah menemui.

"Merujuk keterangan dari Rz, aktor intelektualnya Mr. Tetapi semua masih dalam pendalaman apakah benar atau hanya menyebut asal nama, karena ada Vito, Rio dan Ad juga," kata Endro.  

Sementara setelah dua hari penyidik memeriksa tersangka Rz didapatkan fakta baru. Terutama soal universitas di Indonesia yang sempat dijadikan sasaran jaringan Rz untuk menggelar praktik perjokian.  Mulai dari kampus di Yogyakarta hingga Jakarta.

"Dari keterangan Rz sindikatnya sudah melakukan praktik perjokian di kampus Tri Sakti, Universitas Taruma Negara, UPN Veteran Yogyakarta serta UII, tetapi ada kemungkinan tambah lagi, khusus Rz menjalani profesinya sejak tahun 2013," kata Endro. Dalam kasus itu sejumlah saksi yang sudah dan akan diperiksa dari UMY serta dari pengguna jasa joki Ml dan orang tuanya dari Jakarta. (Roy)

Baca Juga:

Begini Trik Joki Masuk Kedokteran UMY

Akhirnya, Praktek Joki Fakultas Kedokteran UMY Terbongkar

 

 

 

BERITA REKOMENDASI