Polisi ‘Gulung’ Komplotan Pencuri Ternak

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Kepolisian Resort Temanggung menangkap komplotan pencuri ternak yang sering beroperasi di wilayah lereng gunung Sumbing, Sindoro dan Prahu, wilayah Kabupaten Temanggung, Kendal, Semarang dan Wonosobo.  

Kepala Kepolisian Resort Temanggung AKBP Maesa Soegriwo mengatakan komplotan yang berhasil dibekuk sebanyak dua orang, sedangkan setidaknya tiga orang lainnya sedang dalam pencarian. " Mereka terorganisir dan rapi," katanya, Selasa (17/10).

Dia mengemukakan yang berhasil ditangkap adalah Joko Sunyoto (39) warga Kandangan dan Arta Eriyanto alias Erik (23) warga Kandangan. Operasi pencurian ternak yang dilakukannya diantaranya mencuri sapi Simental di kandang milik Amin Suratno (50) warga Dusun Lungge Rt 01 Rw 03 Desa Lungge Kecamatan Temangggung, pada Rabu (4/2) lalu sekitar pukul 02.00 WIB.

" Polisi menyita satu truk nompol AA 1900 CE tahun 2011, yang digunakan untuk operasional dan satu lembar STNK. Sapi yang dicuri telah dijual dan uangnya telah dibelanjakan. Atas perbuatannya itu korban menderita kerugian 15 juta," katanya.

Dikatakan operasi penangkapan dilakukan Senin setelah sekian lama melakukan penyelidikan. Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing dan telah mengakui perbuatannya. Mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman selama-lamanya 7 tahun penjara. 

Tersangka Joko mengatakan telah sering mencuri ternak, diantaranya di Lungge. Pada tiap aksi perannya bermacam-macam mulai mengawasi situasi, menuntut ternak dan mendorong ternak, upahnya sekitar Rp 1,5 juta. " Anggota kami sekitar lima orang, pada tiap aksi sering berganti-ganti pasangan," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI