Polisi Temukan Pelaku Penelantaran Bayi

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pelaku penelantaran bayi di Colomadu akhirnya terungkap, yakni muda mudi berstatus pelajar. Keduanya kini diperiksa intensif penyidik Polres Karanganyar.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (17/8/2016) malam, mengatakan proses hukum terhadap keduanya mengedepankan UU No 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

"Polisi tidak boleh gegabah mengingat pelakunya masih di bawah umur. Usia dibawah 18 tahun. Identitasnya sengaja dirahasiakan demi menjunjung prinsip itu," katanya.

Kumbang dan Mawar, nama samaran muda mudi itu, juga diperiksa meski penanganannya tidak selayaknya pelaku tindak kriminal pada umumnya. Penyidik akan mengupayakan diversi sebagaimana diamanatkan pasal 5 ayat 3 UU tersebut melalui pendekatan restoratif atau penyelesaian di luar peradilan pidana.

"Sangat memungkinkan diselesaikan di luar pengadilan. Mengingat ancamannya di bawah tujuh tahun penjara dan bukan tindakan pengulangan," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, identitas pelaku pembuangan bayi terungkap pada Senin (15/8/2016) lalu berkat ciri-ciri dan keterangan para saksi. Sebagaimana diberitakan, warga Gedongan, Colomadu geger akibat penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di teras salah seorang warganya, Minggu (14/8/2016). Pelaku meninggalkan pula pakaian, selimut dan susu formula.

Kapolres belum bisa memastikan motif tindakan itu, namun diduga pelaku yang masih belia tidak sanggup menanggung beban psikologis.

"Kedua orang tua Kumbang dan Mawar dihadirkan untuk membahas nasib si bayi. Apa yang terbaik bagi kedua putra putrinya dan juga kelangsungan hidup bayi tak berdosa itu," pungkasnya. (M-8)

 

BERITA REKOMENDASI