Polres Sukoharjo Tangkap 3 Pengguna dan Pengedar Sabu

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Satnarkoba Polres Sukoharjo menangkap tiga orang pengguna dan pengedar sabu. Ketiga pelaku masih satu jaringan dan saling terkait. Polisi dalam penangkapan tersebut juga mengamankan barang bukti berupa sabu seberat 6,5 gram.

Waka Polres Sukoharjo Kompol Andhika Bayu Adhitama didampingi Kasat Narkoba AKP AA Gede Oka saat gelar perkara di Mapolres Sukoharjo, Selasa (23/8/2016) mengatakan, ketiga pelaku yakni DY dan TBP warga Tanjunganom, Grogol, Sukoharjo dan TAN warga Danukusuman, Serenpa gan, Solo. Penangkapan terhadap ketiga pelaku dilakukan setelah polisi mendapat informasi dari masyarakat.

Penangkapan pertama dilakukan polisi terhadap pelaku DY sepekan lalu disebuah rumah di Dukuh Pepe, Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol. Penyelidikan dilakukan polisi setelah mendapat informasi dari masyarakat. Dilokasi polisi melihat DY mencurigakan dan langsung didatangi untuk dimintai keterangan. Hasilnya diketahui benar DY baru saja mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

Polisi kemudian melakukan pengeledahan di rumah DY dan menemukan barang bukti berupa 4 buah klip plastik berisi sabu golongan I seberat 1 gram. Barang tersebut ditemukan polisi tergeletak di bawah kasus kamar DY.

DY bersama barang bukti berupa sabu dan alat hisap kemudian dibawa ke Mapolres Sukoharjo. Saat diinterograsi DY mengakui mendapatkan barang berupa sabu dari pelaku lainnya TBP. Dari keterangan tersebut polisi kemudian melakukan pengembangan dengan sasaran TBP.

Berbekal informasi dari DY, polisi kemudian mendatangi rumah TBP di tTanjunganom, Grogol, Sukoharjo. Di rumah tersebut polisi datang bersama DY dan mendapati TBP sedang tidur.
Saat dimintai keterangan TBP mengakui bahwa barang berupa 4 paket sabu yang ditemukan di rumah DY merupakan miliknya. Polisi juga melakukan penggeledahan di rumah TBP dan menemukan barang bukti berupa 3 paket sabu total seberat 0,75 gram.

“Pertama kita tangkap DY dan menangkap TBP. Selanjutnya dikembangkan dan menangkap pelaku ketiga yakni TAN,” ujarnya.

Setelah meminta keterangan pelaku DY dan TBP polisi kemudian mendapatkan informasi akan ada transaksi naskoba jenis sabu di teras sebuah toko modern di wilayah Grogol. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan menemukan pelaku TAN.

Saat dilakukan penangkapan TAN kedapatan membawa dua paket sabu total seberat 2 gram. Selanjutnya polisi melakukan penggeledahan dan menemukan barang bukti sabu lainnya. Total keseluruhan dari pelaku TAN polisi mengamankan sabu seberat 4,75 gram.

“Ketiga pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau 112 ayat (1) dan atau 127 ayat (1) huruf a UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” lanjutnya.

Ancaman hukuman dari pasal pasal tersebut minimal empat tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara. Ketiga pelaku sekarang sudah dijebloskan ke sel tahanan di Mapolres Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI