Polsek Temon Bebaskan Tiga Anggota Lembaga Pers Mahasiswa

WATES, KRJOGJA.com – Tiga anggota Lembaga Pers Mahasiswa yang ditahan di Polres Kulonprogo telah dibebaskan pada Selasa (05/12/2017) malam. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Imam, Rimba, dan Muslih yang ditangkap pada Selasa (05/12/2017) pagi di calon lokasi New Yogyakarta International Airport bersama sembilan orang lainnya.
 
"Ada berdua belas sih, di situ ada tiga jurnalis LPM. Itu kita sudah memberi tahu bahwa kami ini jurnalis, gitu lho. Kami sudah berupaya itu, mengeluarkan kartu pers kami juga tapi hal itu tidak digubris,” tutur Rimba Rabu (06/12/2017).

Kendati demikian, Rimba tidak mengetahui alasan penangkapan dirinya bersama dua rekan lainnya di LPM Ekspresi.

Kapolsek Temon Kompol Setyo Hery Purnomo, S.H., M.M mengatakan pengamanan dilakukan karena mahasiswa sudah berhari-hari berada di lokasi tanpa melapor kepada otoritas desa setempat. "Mereka sebetulnya kalau mau menerima argumentasi atau penjelasan dari Angkasa Pura berkenaan dengan langkah yang akan dilakukan dengan tidak menghalangi, mereka sebetulnya well well saja," tegas Kapolsek.

Artinya, kata Kapolsek kebebasan mengungkapkan pendapat dijamin undang-undang. Namun, sesuai dengan peraturan yang berlaku harus melaporkan aktivitas bila ingin berunjukrasa atau melakukan pembelaan yang sah. (Rahina Dyah Adani)

BERITA REKOMENDASI