Prajurit Gadungan Perdayai Guru TK

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN (KRjogja.com) – Seorang prajurit TNI gadungan, Fer (24) warga Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara diringkus petugas Polres Sragen, Senin (22/08/2016). Tersangka yang mengaku berpangkat Prada ini telah menipu seorang gadis, Tika Afian Sari (23) guru TK warga Desa Karanganom, Kecamatan Sukodono, Sragen.

Pelaku yang mengaku sebagai anggota TNI AD dari kesatuan Batalyon 328/I/ Kostrad Cilodong, Jawa Barat ini berjanji akan menikahi korban setelah sekian lama berkenalan. Namun janji tersebut tak kunjung dipenuhi hingga akhirnya korban melapor ke aparat kepolisian.

Kapolres Sragen, AKBP Cahyo Widiarso mengatakan, kasus penipuan ini berawal saat pelaku dan korban berkenalan lewat media sosial facebook. Sekian lama berkenalan, keduanya semakin akrab hingga akhirnya janjian ketemu di Sragen. Bahkan saking sudah akrabnya, pelaku sempat beberapa kali bertandang ke rumah korban.

Tidak hanya itu, pelaku juga berjanji akan segera menikahi korban, yakni pada pertengahan Agustus lalu. Saat itu pelaku bertemu dengan orangtua korban dan meminjam sepeda motor Kawazaki KLX Trail Nopol H-3576-HB dengan alasan mau diapaki menjemput orang tuanya.

"Ternyata setelah meminjam motor itu, pelaku tidak kembali. Korban yang curiga kemudian meminta pertolongan petugas Koramil setempat mengecek status pelaku," ujar Cahyo.

Pelacakan yang dilakukan Koramil setempat, jelas Cahyo, ternyata diketahui di kesatuan Batalyon Kostrad Cilodong tidak ada anggota yang bernama Fer. Korban semakin curiga hingga akhirnya berinisiatif menjebak korban dengan diajak ketemuan di salah satu hotel di Sragen.

"Saat di hotel itulah pelaku dijebak hingga akhirnya ditangkap petugas Denpom. Dipastikan pelaku adalah masyarakat sipil, kasus ini diserahkan ke polisi," jelas Cahyo.

Cahyo menambahkan, pihaknya masih mengembangkan penyidikan kasus penipun ini. Dimungkinkan jumlah korban bisa bertambah. "Kami terus kembangkan penyidikan karena bukan tidak mungkin jumlah korban bertambah. Untuk barang bukti seragam berikut pangkat TNI akan kami serahkan ke Denpom," tambahnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI