Raup Rp 700 Juta Oknum Dosen Ditahan, Gegara Palsukan Surat Sewa Tanah Kas Desa

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Oknum dosen sebuah perguruan tinggi di Yogya berinisial RS (66), ditahan Satreskrim Polres Sleman. Ia diduga memalsukan dokumen surat perjanjian sewa tanah kas desa untuk meraup pundi-pundi rupiah ke rekening pribadinya.

Tak hanya satu orang, oknum dosen yang tinggal di Sleman itu diduga telah mengelabuhi tiga korban dengan kerugian Rp 700 juta. Kaur Bin Ops Satreskrim Polres Sleman Ipda Safiudin menjelaskan, peristiwa terjadi September 2019. “Modusnya, tersangka menyewakan tanah yang sebenarnya dia tidak punya alasan untuk menyewakan. Tersangka, menggunakan dokumen palsu berupa surat perjanjian sewa dengan pemerintah Desa Condongcatur,” ungkap Safiudin di Mapolres Sleman, Selasa (28/12/2021).

Safiudin menyebut, tiga orang telah melapor karena menjadi korban tersangka. Dengan memanfaatkan hubungan baik dengan para korban, RS menghubungi mereka dan menyatakan jika ia telah menyewa tanah kas desa seluas 3.400 M2. Tersangka kemudian menawarkan tanah itu untuk disewa para korban. Untuk meyakinkan korban, tersangka memperlihatkan surat perjanjian sewa dengan pemerintah desa, yang belakangan diketahui palsu. Salah seorang korban, kemudian menyerahkan uang sebesar Rp 200 juta untuk sewa tanah 300 M2.

BERITA REKOMENDASI