Residivis Kembali Beraksi di Rumah Kost

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua pemuda masing-masing SW (22) alias Komet dan KF (21) keduanya warga Banguntapan Bantul tak bisa berkutik setelah petugas Unit Reskrim Polsekta Umbulharjo menangkan dan menjebloskannya ke dalam penjara. Mereka ditangkap kerena terbukti sebagai pelaku pencurian di sebuah rumah kost kawasan Sidobali Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (21/03/2018) kemarin. Seorang pelaku yakni Komet merupakan residivis yang baru saja keluar dari LP Pajangan Bantul sehingga rekam jejaknya mudah dikenali petugas.

Kedua pelaku beraksi di kamar kost milik Rys Buhal Amanda Putra Damanik (21) mahasiswa warga Pemantangsiantar Sumatera Selatan (Sumsel). Di tempat ini kedua pelaku mengambil sebuah laptop dan dua ponsel milik korban.

Kapolsekta Umbulharjo Kompol Sutikno menjelaskan, pelaku beraksi malam hari saat korban sudah terlelap tidur. Kamar korban dan jendel atidak terkunci sehingga tersangka dengan leluasa memasuki dan ‘memersihkan’ kamar korban.

Dua handphone milik korban yang tengah di charge dan sebuah laptop milik korban digasak pelaku. Senyapnya aksi pelaku membuaut korban tak menyadari jika kamarnya telah dimasuki pencuri dan ia baru sadar keesokan harinya.

“Saat bangun korban sudah menjumpai barang-barang miliknya itu telah hilang. Ia sempat mencari di sekitar kamar kost yang lain namun tetap tidak ditemukan,” ungkap Sutikno di Mapolsekta Umbulharjo, Kamis (22/03/2018).

Opsnal Polsek Umbulharjo yang dipimpin Iptu Kusnaryanto langsung bergerak cepat. Setelah melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi, dugaan petugas langsung mengarah kepada Komet seoran residivis yang baru dalam hitungan bulan keluar dari LP Pajangan Bantul.

Anggota segera menuju ke kawasan Banguntapan Bantul untuk menjemput Komet. Saat ditangkap petugas, pelaku sempat mengelak dan tak mau mengaku jika ia telah kembali melakukan aksi pencurian.

Polisi tak kehilangan akal, ponsel korban yang hilang dicuri itu kemudia dihubungi dan ternyata suara dering HP terdengar dari kamar pelaku. Saat itulah Komet tak bisa berdalih lagi dan mengakui seluruh perbuatannya. Kepada petugas ia mengaku beraksi bersama KF dan polisi segera menciduk pemuda tersebut di rumahnya.

“Sebagian barang curian telah dijual, namun anggota berhasil menelusuri dan menemukan kembali barang-barang tersebut sehingga kesemuanya telah terkumpul. Pelaku selanjutnya dibawa ke mapolsekta guna pemeriksaan dan pengembangan proses lebih lanjut,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI