Rumah dan Ternak Yami Terbakar

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Rumah Yami (50) warga Dusun Pencar RT 03 RW 07 Desa Tempuran Kecamatan Kaloran terbakar saat ditinggal pergi beraktivitas di ladang. Tidak ada korban jiwa dan luka pada kebakaran yang diduga berasal dari tungku yang dibiarkan menyala sebelum ditinggalkan itu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta.

Saksi Timbul (50) Selasa (13/12/2016) mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 7 pagi. Saat itu sedang lewat di rumah Yami dan terlihat asap mengepul yang disusul kobaran api. "Saya langsung panggil warga untuk pemadaman, warga juga panggil mobil pemadam, " katanya. 

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan diduga api berasal dari tungku yang dibiarkan tetap menyala saat seluruh penghuni rumah pergi ke ladang. Api menyambar benda lain di dapur yakni berupa tumpukan jagung kering yang berada persis di atas tungku. 

"Api membakar seluruh bagian rumah berukuran 11 x 9 meter yang mayoritas terbuat dari papan kayu," katanya.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa pada kebakaran itu. Kerugian material ditaksir mencapai Rp 70 juta, yakni rumah dan perabotan, kopi dan gabah yang baru saja dipanen, uang tunai sebesar Rp 3 juta, dan 9 ekor kambing di kandang. (Osy)

BERITA REKOMENDASI