Satroni Kos-kosan, Dua Residivis Gondol Motor

YOGYA, KRJOGJA.com – Bukannya jera setelah mendekam di penjara, dua pria ini malah nekat kembali berbuat tindak pidana. Keduanya berkomplot untuk mencuri motor dari kos-kosan. Hingga akhirnya aksi mereka terungkap oleh Satreskrim Polresta Yogyakarta.

Kasat Reskrim Polresta Yogya Kompol Sutikno didampingi Wakasat Reskrim Iptu Basungkawa mengatakan, pelaku yakni AS (26) warga Tegalrejo dan DF (31) warga Kasihan. Mereka mencuri satu unit motor supra milik korban Suharto warga Wirobrajan.

"Sasaranya motor yang tidak dikunci stang. Modusnya setelah pelaku mendapat barang curian. Kemudian motornya didorong ke tempat yang sepi untuk dibawa kabur," kata Sutikno, kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).

Pengungkapan kasus bermula laporan dari korban, setelah itu, petugas langsung melakukan penyelidikan, dan berhasil mengamankan pelaku di rumahnya masing-masing beserta barang bukti motor hasil curiannya.

"Pelaku mengaku malam hari sebelum melancarkan aksinya, mereka berkeliling untuk mencari sasaran dengan sepeda motor di area kos. Setelah mendapatkan sasaran, pelaku kemudian mengambil motor yang diparkir dan tidak dikunci stang," ucapnya.

"Sampai di tempat yang dianggap sudah aman, kabel kontak motor dilepas. Sehingga motor berhasil dinyalakan, mereka langsung bawa kabur untuk di jual," imbuh Sutikono.

Lebih lanjut, motor hasil curiannya itu mereka akan jual melalui media sosial. Berdasarkan pemeriksaan, selain melalukan pencurian di dua TKP wilayah Wirobrajan. Ternyata AS juga pernah melakukan pencurian motor di Gondokusuman akhir Mei 2019 bersama temannya yang saat ini masih dalam pencarian.

Atas perbuatannya kini kedua pelaku harus mendekam di Polresta Yogykarta. Keduanya dijerat dengan Pasal 363 KUHP Jo Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Ive)

BERITA REKOMENDASI