Satu Truk Kayu Gelap Ditutup Arang

GROBOGAN,KRJOGJA.com – Sebuah truk bermuatan kayu jati dan mahoni yang diduga berasal dari illegal logging diamankan petugas Polhutmob Kedungjati Grobogan. Kayu berbagai ukuran tersebut diangkut dengan ditutup dengan beberapa karung arang yang tujuannya untuk mengelabuhi petugas.

“Dua pelaku Jumiran (52) warga Desa Panimbo dan Sumehadi (36) warga Desa Bangle Kecamatan Wonosegoro Boyolali kini diamankan bersama barang bukti di Mapolsek Kedungjati,” ungkap Kaplsek Kedungjati AKP Sapto kepada KRJOGJA.com, Kamis (15/06/2017).

Kasus tersebut terjadi pada Rabu (14/06/2017). Kejadian berawal ketika dua petugas Pohutmob Khoirul Anwar dan Yudi Rachmadi tengah berpatroli melihat ada sebauah truk Nopol AD 1473 ND tengah melintasi jalan tengah hutan RPH Panimbo. Ketika dihentikan, pengemudi truk Sumehadi awalnya mengaku barang yang diangkut adalah arang hasil pembelian dari warga sekitar hutan. Namun ketika dicek ternyata ditemukan belasan kayu gelap yang ditutup dengan beberapa karung arang, tujuannya untuk mengelabuhi petugas.

“Setelah dihitung, di bawah beberapa karung arang tersebut ada 14 batang kayu jati dan 7 batang kayu mahoni. Ketika disuruh menunjukkan surat dokumen kayu yang diangkut, kedua pelaku tidak punya. Petugas juga menemukan barang bukti sebuah gergaji yang diduga digunakan melakukan penebangan liar. Keduanya bersama barang bukti langsung digiring ke Mapolsek,” terang Sapto. (Tas)

 

BERITA REKOMENDASI