Selewengkan APBDes, Kades Palur Divonis Lima Tahun Penjara

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kepala Desa Palur Nonaktif Kecamatan Mojolaban Samidin divonis lima tahun penjara dan membayar denda Rp 150 juta subsider tiga bulan penjara. Atas vonis yang diterima tersebut pihak penasehat hukum Samidin masih pikir pikir.

Samidin didakwa melakukan tindak penyelewengan dana APBDes Palur Mojolaban tahun 2007 – 2013 sebesar Rp 3,78 miliar. Proses persidangan digelar di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) di Semarang Jawa Tengah.

Penasehat hukum Samidin, Gersom Hanung Utomo, Rabu (28/9) mengatakan sidang vonis digelar Selasa (27/9) di pengadilan Tipikor Semarang. Sidang dipimpin oleh Hakim Ketua Andi Astra dan anggota Sumarso dan Sinintha. Majelis hakim menjatuhkan vonis lima tahun penjara dan denda senilai Rp 150 juta subsider tiga bulan penjara.

Selain itu majelis hakim juga meminta kepada Samidin mengembalikan uang negara senilai Rp 3,785 miliar. Apabila tidak maka diganti dengan kurungan penjara selama satu tahun. Vonis yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan dibanding tuntutan dari jaksa penuntut umum dengan kurungan penjara tujuh tahun dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara. Jaksa juga menuntut agar Samidin mengembalikan uang negara sebesar Rp 3,785 miliar.

“Kami masih pikir pikir dan akan kami jawab setelah majelis hakim memberi waktu tujuh hari. Kami akan konsultasi dulu dengan terdakwa Samidin,” ujar Gersom. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI