Sempat Dikira Bom, Tas Tak Bertuan Diperiksa Tim Gegana

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Sebuah tas yang tergeletak di dekat Gudang Logistik KPU Boyolali di Kelurahan Pulisen, Kecamatan Boyolali Kota, membuat geger, Rabu (9/1/2019). Sempat dikira berisi bom, belakangan diketahui tas tersebut milik seorang siswa SMA yang dicuri.  

Tas ransel coklat tersebut ditemukan Sriyono, penjaga Gor Indoor Boyolali yang menyimpan logistik KPU. Sekitar pukul 07.30 WIB saat bersih-bersih lingkungan gedung, ia mendapati tas tergeletak di teras Pondok Pelajar IPHI Boyolali, yang berada di depan Gor. Ia lalu bertanya ke orang-orang di sekitar terkait tas tak bertuan tersebut, tapi tak ada yang mengaku memiliki. 

"Saya lalu bilang ke petugas polisi yang menjaga Gor," kata Sriyono. 

Informasi tersebut lalu diteruskan ke Polres Boyolali yang segera datang memasang garis polisi untuk mengamankan lokasi. Tim Gegana Polda Jateng juga didatangkan untuk memeriksa tas. Saat personel Jihandak dengan peralatan lengkap hendak memeriksa tas, seorang siswa SMAN 1 Teras, Bagus Prasetyo, datang ke lokasi dan dari kejauhan, ia mengenali bahwa tas tersebut miliknya. Rupanya tas tersebut hilang dicuri orang saat membeli bubur untuk sarapan pagi.  

Meski demikian, Tim jihandak tetap melakukan pemeriksaan, termasuk dengan X-ray, untuk memastikan isi dalam tas tak berbahaya. Setelah dinyatakan aman, tas yang berisi peralatan sekolah tersebut dikembalikan ke pemiliknya. 

Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro, melalui Wakapolres Kompol Zulfikar Iskandar mengatakan, pihaknya tak mau gegabah terkait urusan keamanan. Sehingga tas tetap diperiksa secara teliti oleh Tim Jihandak. Tiap temuan mencurigakan akan diperiksa dengan teliti. 

"Kami tak mau berspekulasi ini aman atau tidak aman. Makanya kami datangkan ahlinya untuk memeriksa isi didalam tas ini," tegasnya.

Sementara Ketua KPU Boyolali, Ali Fachrudin mengapresiasi kinerja kepolisian yang cepat tanggap dalam respon untuk mengeliminasi masalah keamanan. 

"Kejasama dengan pihak kepolisian selama ini berjalan baik," pungkasnya.(Gal)

 

BERITA REKOMENDASI