Sidang Perdana Penangkap Pencuri, Terdakwa Ajukan Eksepsi

KLATEN, KRJOGJA.com – Pengadilan Negeri Klaten menggelar sidang perdana secara virtual terhadap terdakwa Rohmat dan Sapto, Rabu (04/11/2020). Terdakwa merupakan penangkap pelaku pencurian yang terjadi di Desa Glodokan, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten.

Kedua terdakwa melalui Kuasa Hukum Muhammad Rohmidhi Srikusuma, usai sidang mengatakan, agenda sidang pertama yakni mendengarkan jaksa penuntut umum (JPU) membacakan dakwaan. Selanjutnya pihaknya akan mengajukan eksepsi setelah kliennya merasa keberatan atas dakwaan tersebut.

“Keberatan terkait dengan kronologis, baik tempat maupun perbuatannya melakukan atau tidak. Sebagai PH-nya saya akan menyampaikan melalui eksepsi. Sidang ditunda dan dilanjutkan pekan depan,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Rohmidhi, pihaknya juga mengajukan permohonan jenis penahanan yang semula di rutan menjadi tahanan kota. Hal ini didasari karena kedua terdakwa adalah warga negara yang beretikad baik untuk menyelamatkan barang orang lain dari aksi pencurian. Pihak majelis hakim akan memusyawarahkan hal tersebut.

“Jadi menurut saya sebagaimana suasana kebatinan para terdakwa berarti masuk Pasal 143 Ayat 2 huruf B KUHP, terkait dengan dakwaan materiilnya. Di BAP jelas, dia (terdakwa) gak ada mukul,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI