Sidang Putusan Perdata Warga Keturunan Belanda Siap Digelar

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sidang gugatan perdata seorang kontraktor bernama Andreas Budisusetia terhadap warga keturunan Belanda, Bontje Adrian Johan bakal digelar di Pengadilan Negeri (PN) Wonosari, Rabu (28/08/2019) mendatang. Sidang akan dilaksanakan dengan agenda pembacaan putusan.

Kepala PN Wonosari, Khusnul Khotimah SH MH menegaskan jajarannya siap menggelar sidang seperti yang telah diagendakan. "Pada intinya PN Wonosari siap dalam persidangan apapun baik pidana maupun perdata," tegas Khusnul Khotimah di PN Wonosari, Senin (26/08/2019).

Ia mengatakan tak ada persiapan tersendiri dari pihak pengadilan negeri setempat, karena perkara yang akan disidangkan bukanlah termasuk kasus khusus. Yang dimaksud kasus khusus diantaranya yakni perkara yang melibatkan divabel maupun kasus yang berpotensi terjadi kerawanan baik selama maupun sesudah persidangan.

Sementara itu Humas PN Wonosari, Agung Budi Setiawan SH MH mengatakan sidang sebelumnya memang sempat ditunda lantaran ada salah seorang hakim anggota yang tengah melaksanakan dinas. Namun untuk sidang mendatang ia memastikan tak akan ada penundaan. "Agenda putusan bisa dibacakan hari Rabu (28/08/2019) mendatang," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, sidang gugatan perdata kasus wanprestasi dan tuntutan ganti rugi dari penggunggat Andreas Budisusetia warga Gowongan Jetis Yogyakarta terhadap Bontje Adrian Johan warga Purwosari Gunungkidul di PN Wonosari dengan agenda pembacaan putusan terpaksa ditunda, Kamis (22/08/2019). Sidang yang tanpa dihadiri penggunggat tersebut berlangsung tak sampai 5 menit.

Ketua Majelis Hakim, Yohanes Fransiscus Tri Joko Gantar Pamungkas SH begitu membuka sidang langsung menyampaikan penundaan putusan tersebut kepada pihak penggungat maupun tergugat. “Karena ada salah satu hakim anggota yang tidak dapat hadir, maka sidang ditunda. Sidang putusan akan dilaksanakan Rabu (28/08/2019),” kata Tri Joko menutup persidangan kala itu. (Van)

BERITA REKOMENDASI