Sindikat Pembobol ATM Modus Karyawan Berbeda dengan Skimming

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tidak main-main, sindikat pembobol saldo tabungan melalui ATM dengan modus karyawan bank ternyata sudah beraksi di 89 TKP wilayah DIY hingga Jawa Barat.  Komplotan ini bahkan memiliki target nominal yang ingin dikeruk untuk kemudian kembali ke daerah asal. 

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo mengungkap sindikat beranggotakan tujuh orang yang berhasil diamankan jajaran Polres Bantul berbeda dari sindikat skimming yang diciduk Polda Metro beberapa waktu lalu. 

Meski demikian, Hadi mengungkap bahwa kelompok yang masing-masing tersangkanya memiliki peran tersendiri ini selama ini berhasil menggondol uang hingga Miliaran Rupiah. 

"Kami lakukan kroscek dengan Polda Metro Jaya dan Polda lainnya bahwa komplotan yang ditangkap oleh Polres Bantul tak ada sangkut pautnya, kelompok berbeda. Ini modusnya berbeda namun kerugian korban bisa banyak antara Rp 2 hingga 7 juta bahkan bisa lebih,” ungkapnya Selasa (20/3/2018). 

Sementara terkait sindikat modus berpura-pura sebagai karyawan bank ini, pihak kepolisian kini tengah melakukan pendalaman mencari orang yang bertindak sebagai penadah uang hasil curian. 

“Kita ketahui posisinya di Makassar tapi sedang kita kembangkan, orang yang kami sebut sebagai asbak ini, dia yang menerima transferan uang dari rekening para korban,” sambungnya. 

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Anggaito menambahkan selain menyamar sebagai karyawan bank dan berpura-pura menawarkan bantuan pada korban yang kartu ATMnya sengaja diganjal, sindikat ini juga memasang call center palsu yang diletakkan di mesin ATM. 

"Kalau mau beraksi dipasang dan kemudian setelah dapat korban dilepas untuk menghilangkan jejak. Begitu terus hingga akhirnya di satu TKP kita berhasil temukan kontaknya dan kita lacak,” terangnya. 

Terkait banyaknya TKP, Polda DIY berharap masyarakat berhati-hati saat hendak melakukan penarikan uang di ATM. Polda juga meminta masyarakat yang pernah menjadi korban untuk melaporkan ke kepolisian terdekat agar para tersangka mendapatkan hukuman maksimal atas tindak kejahatan yang dilakukan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI