Sindikat Pencuri Sapi Lintas Provinsi Obok-obok Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Buser  Polres Bantul membongkar sindikat pencurian sapi asal Temanggung. Dalam kasus itu petugas sudah menetapkan kakak beradik jadi tersangka yakni Rh (45) dan Mr (42) keduanya warga Kedu Temanggung. Dari tangan tersangka berhasil disita barang bukti satu unit mobil pickup, petugas hingga kini masih memburu dua orang pelaku lain yang diduga terlibat dalam sindikan ini.

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Anggaito Hadi Prabowo menggungkapkan di wilayah Bantul komplotan ini beraksi di Piyungan. Lewat penyelidikan intensif lewat jejak roda kendaraan serta informasi masyarakat, petugas mencurigai duet kakak beradik Rh dan Mr.

Tim Buser akhirnya berhasil menyergap Mr di daerah Druwo Sewon Bantul, sementara Rh diciduk di Kedu Temanggung. “Tiga kali mencuri dilakukan semua ketika hujan deras. Pengakuannya mereka juga pernah beraksi di Sayegan,” ujarnya di Mapolres Bantul, Senin (25/12/2017).

Anggaito mengungkapkan aksi komplotan yang didalangi Rh ini selalu dilakukan ketika hujan karena saat-saat tersebut orang kurang waspada terhadap ternak-ternak yang dimilikinya. Untuk mempermudah aksinya komplotan ini juga memodifikasi kendaraan dengan memasang atap permanen sehingga setiap kali mendapat sapi curian langsung masuk kendaraan dan dibawa ke Temanggung.

Setelah mendapat sapi di Bantul ternak tersebut lantas di bawa ke Temanggung untuk dijual kepada seseorang. Petugas kini tengah memburu penadah sapi curian tersebut yang identitasnya telah diketahui.

“Kami menduga komplotan ini sangat profesional, ini dibuktikan mereka berani masuk DIY. Pelaku lain dalam komplotan ini masih terus kami buru,” tegas Anggaito. (Roy)

BERITA REKOMENDASI