Suplai 2.760 Liter Ciu ke Ibu Kota, Tri Dicegat

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemasok ciu Bekonang asal Polokarto, Sukoharjo, Tri Utomo (50) diamankan aparat Polres Karanganyar di Jalan Adi Soemarmo, Colomadu, Sabtu (27/5/2017) pukul 00.15 WIB. Ia kedapatan mengirim 2.760 liter ciu dalam berbagai kemasan ke Jakarta.

Kasubbag Humas Polres Karanganyar AKP Suryanto kepada wartawan di Mapolres, Senin (29/5/2017) mengatakan Tri Utomo memang dibuntuti sejak dirinya membeli minuman keras (miras) itu dari pengusaha ciu tradisional di Bekonang. Kemudian saat melintas di wilayah Karanganyar langsung dicegat. Gerak-gerik Tri tergolong mencurigakan karena dirinya mengemudikan truk secara ugal-ugalan.

“Petugas kepolisian menghentikan truk yang dikemudikan Tri. Setelah itu, polisi menggeledah muatan truk. Ternyata isinya ciu Bekonang,” katanya.

Truk Mitsubhisi 135 PS warna coklat putih G 1517 HE tersebut memuat 1.860 liter ciu yang dikemas di 60 jeriken isi masing-masing 30 liter. Kemudian 900 liter ciu di 50 dus dengan isi masing-masing 30 botol ukuran 600 mililiter. Tepergok membawa miras ilegal, pria paruh baya ini tak bisa mengelak.

“Barang bukti miras disita berikut truk dan STNK yang diamankan ke Mapolres,” lanjutnya.

Dikatakan lebih jauh, Tri mengaku kali pertama mengirim ciu dengan tujuan Jakarta. Namun penyidik tak langsung percaya dan mengembangkan kasus ini secara mendalam. Tri dikenai pasal tindak pidana ringan (tipiring).

Sementara itu Wakapolres Karanganyar Kompol Prawoko mengatakan majelis hakim pengadilan tipiring dua kali menjatuhkan sanksi berat ke pelaku peredaran miras. Bukan tidak mungkin Tri bernasib serupa.

“Dua kali dijauhkan sanksi Rp 40 juta bagi pelaku aksus miras,” katanya. (R-10)

BERITA REKOMENDASI