Tahanan Narkoba Gelar Pernikahan di Mapolres

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – RD (21) seorang tahanan kasus narkoba menjalani pernikahan dengan mempelai perempuan LP (20) di Masjid Al Amin di Mapolres Sukoharjo, Kamis (01/03/2018). Ijab kabul terpaksa digelar di Mapolres Sukoharjo mengingat pihak keluarga sebelumnya sudah menentukan tanggal pernikahan jauh hari sebelum RD ditangkap petugas usai menggunakan sabu sabu pada Jumat (23/02/2018).

Prosesi ijab kabul RD dan LP digelar sekitar pukul 11.00 di bawah penjagaan ketat aparat dari Polres Sukoharjo. Pihak keluarga kedua mempelai juga datang menyaksikan secara langsung pernikahan anaknya. Bahkan usai ijab kabul digelar ibu RD sempat pingsan sebelum akhirnya dibantu oleh pihak keluarga.

Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP AA Gede Oka ditemui usai pernikahan RD dan LP mengatakan, Polres Sukoharjo memfasilitasi pernikahan RD dan LP. Sebelum tertangkap menggunakan sabu pernikahan RD dan LP sudah direncanakan pihak keluarga, bahkan tanggal pernikahan telah ditentukan yakni Kamis (01/03/2018).

Pernikahan digelar di Mapolres Sukoharjo karena status RD sebagai tahanan dan tidak boleh keluar. Karena itu pihak mempelai perempuan harus datang dan menggelar pernikahan di Masjid Al Amin Mapolres Sukoharjo.

RD sendiri ditangkap petugas Polres Sukoharjo bersama rekannya AJ (19) disalah satu kios buah di wilayah Kecamatan Kartasura, Jumat (23/02/2018). Saat tertangkap petugas mendapati barang bukti dari RD dan AJ membawa plastik bekas sabu sabu, korek api, bong dan handphone.

"Saat tertangkap itulah baru diketahui RD ternyata memiliki rencana menikah pada Kamis (01/03/2018) atau seminggu setelah ditangkap petugas Polres Sukoharjo," ujar AKP AA Gede Oka.

Proses pernikahan berjalan lancar dan setelah acara selesai digelar RD kembali ke sel tahanan. RD harus mempertanggungjawabkan perbuatannya sebagai pengguna sabu.

RD dijerat dengan Pasal 114 (1) Jo Pasal 112 (1) UURI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya maksimal 4 tahun penjara. "Proses hukum tetap berjalan dan RD setelah diberi kesempatan menikah maka kembali ke sel tahanan," lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI