Tak Jera Dibui, Gedet Curi Motor Lagi

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) –  Residivis kasus pencurian sepeda motor asal Mojorejo, Suruhkalang, Jaten, AW alias Gedet (20) kembali ditangkap polisi atas tuduhan mencuri sepeda motor Yamaha Mio AD 6348 EP milik tetangganya, Haidar. Tersangka mengubah tampilan fisik sepeda motor itu agar sulit dikenali.

Gedet berhasil diringkus aparat Satreskrim Polres Karanganyar tak sampai dua hari usai aksi pencurian dilakukannya di rumah korban pada Jumat (11/11/2016) tengah malam. Saat itu, ia melompat ke pagar rumah kemudian mengambil sepeda motor incarannya yang terparkir di halaman dan menuntun menuju jalan kampung. Setelah merasa aman dari pemilik, ia kemudian menyalakannya.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak mengatakan, tersangka merencanakan matang aksi pencurian itu. Berada di tangan tersangka, sepeda motor milik korban itu diubah sedemikian rupa agar tak dikenali. Semula dengan mengganti plat nomor kemudian mengecat bodi dari semula berwarna merah marun menjadi merah seluruhnya. Perbuatan itu dilakukannya sambil berjalan-jalan ke Tawangmangu dengan mengendarai sepeda motor curian pada Minggu (13/11/2016).

“Laporan dari korban ditindaklanjui aparat dengan menelusuri identitas pelaku. Ternyata, ciri-cirinya cocok dengan Gedet yang tak lain tetangga korban. Ia tak bisa mengelak saat polisi mendatangi rumahnya dan menemukan barang bukti sepeda motor Mio meski warnanya telah berubah,” katanya.

Diketahui, Gedet belum lama keluar dari penjara atas kasus maling sepeda motor (malmot) di wilayah hukum Sukoharjo. Atas kejahatannya itu, gedet dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dan diancam hukuman penjara maksimal tujuh tahun. Adapun barang bukti berupa sepeda motor Yamaha Mio beserta plat asli dan STNK.

Kepada penyidik, Gedet mengaku beraksi sendirian. Ia berniat menjual sepeda motor itu dengan terlebih mengubah tampilan fisik. (R-10)

BERITA REKOMENDASI