Tak Punya Uang untuk Mudik, HP Teman Digondol

SLEMAN, KRJOGJA.com – Nekat mencuri HP untuk biaya mudik, CA (20) warga Lombok kini mendekam di sel tahanan Polsek Depok Barat. Tersangka ditangkap saat menunggu bus di Terminal Giwangan yang akan membawanya pulang ke kampung halaman, Sabtu (11/1/2020).

"Tersangka berhasil diamankan kurang dari 12 jam setelah mencuri dua HP dan tas punggung milik tiga temannya," ungkap Kapolsek Depok Barat Kompol Rachmadiwanto SH didampingi Kanit Reskrim Iptu Isnaini SH di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Dijelaskan, tersangka beraksi di tempatnya bekerja di sebuah tempat loundry di Caturtunggal Depok Sleman, Sabtu pekan kemarin sekitar 14.30 WIB. Di tempat itu, CA mencuri 2 buah HP dan satu buah tas punggung milik tiga karyawan setempat yang juga temannya. Dua HP milik para korban saat itu sedang dicas dan kesempatan itu digunakan oleh tersangka untuk beraksi. Selain dua HP, tersangka juga mencuri tas punggung milik karyawan, selanjutnya CA meninggalkan lokasi.

Iptu Isnaini menambahkan, salah seorang korban kemudian melacak CA menggunakan HP miliknya dan keberadaan pelaku diketahui. Dibantu polisi, tersangka ditangkap di Terminal Giwangan, Sabtu sekitar pukul 21.30 WIB. Saat diamankan, tersangka tak berkutik karena kedapatan membawa satu buah HP dan tas milik para korban.

"Satu HP curian sudah dijual oleh tersangka seharga Rp 300.000, sedangkan satu lagi masih di tangan tersangka. Saat kami amankan, tas punggung curian digunakan untuk membawa barang bawaan tersangka," ungkap Isnaini.

Tersangka mengaku, nekat mencuri lantaran rindu kampung halamannya. Sementara untuk mudik, ia tidak punya uang sehingga barang-barang milik temannya menjadi sasaran. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI