Tiga Pencuri Cilik Dihukum Sujud Kepada Orangtua

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiga orang pelajar SMP kepergok mencuri helm milik warga di kawasan Taman Sari, Patehan, Kraton, Yogyakarta, Sabtu (23/12/2017). Ke (13), Re (13) dan Ni (13) sempat dihakimi warga sebelum akhirnya berhasil diamankan Polisi. Oleh petugas para pencuri cilik ini dihukum untuk bersujud di kaki orangtua mereka untuk meminta maaf.

Kapolsekta Kraton, Kompol Etty Haryanti mengungkapkan kejadian ini bermula saat ketiga pelaku tengah berjalan-jalan di sekitar Lorong Ponggangan kawasan Taman Sari. Letika itu mereka melihat helm ditinggal oleh pemiliknya di atas motor.

Merasa kondisi sekitar sepi ketiga bocah ini lalu menyambar helm tersebut, namun tanpa mereka duga aksi itu ketahuan salah seorang warga yang berhasil memergokinya. Sempat terjadi kejar-kejaran hingga akhirnya para pelaku berhasil ditangkap.

"Ada warga yang mengetahui lalu menangkapnya. Sudah terjadi pemukulan oleh warga lalu diamankan kepada anggota," ungkap Etty Haryanti di ruang kerjanga, Minggu (24/12/2017).

Karena pelaku masih bocah dibawah umur maka petugas memberikan sanksi pembinaan kepada ketiganya. Para orang tua, pihak sekolah dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) dihadirkan guna menyaksikan para bocah ini membuat surat pernyataan untuk tak mengulangi perbuatannya lagi.

"Sempat berada di Polsekta selama 1 x 24 jam sambil menunggu orangtua, guru dan pihak Bapas. Kami perintahkan pula kepada mereka untuk meminta maaf di hadapan orang tua masing-masing," tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI