Tinggalkan Motor di TKP, Maling Lapor Polisi 

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang pencuri berinisial S asal Mojolaban Sukoharjo berhasil ditangkap saat dirinya melaporkan kehilangan sepeda motor yang dipakainya menuju rumah korban. S meninggalkan motornya itu lantaran keburu kabur dari kejaran warga.
S kabur meninggalkan sepeda motornya karena tepergok mencuri di rumah Eko Suprapto (44) warga Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu.
Peristiwa pencurian ini terjadi pada 27 Desember 2021 sekira pukul 02.15 WIB. Saat itu S yang di KTP-nya beralamat di Desa Malangan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo ini baru saja mencuri di rumah Eko. Aksi ini diketahui salah satu anak Eko, Artha Jaya Saputra, yang saat itu mendengar ada suara mencurigakan dan melihat ada sorot lampu ponsel di luar rumahnya.
Artha lalu membangunkan ayahnya dan memberitahu bahwa ada orang asing, yakni S, di luar rumah. Eko kemudian mengejar dan berusaha menangkap S. Namun pelaku berhasil melarikan diri ke arah lapangan sambil menggondol mesin gerinda listrik dan mesin bor milik korban.
Pelaku meninggalkan sepeda motor Honda Beat bernopol H 2479 EU di selatan lapangan. Di lokasi yang sama, korban juga menemukan dua tabung elpiji 3 kg dan dua jas hujan, satu mesin gerinda dan sandal jepit.
Wakapolres Karanganyar, Kompol Purbo Adjar Waskito, mengatakan pelaku sengaja meninggalkan sepeda motornya agar lolos dari kejaran korban.
“Jadi si pelaku ini mencuri, tetapi ketahuan sehingga langsung melarikan diri meninggalkan sepeda motornya dan barang-barang curian yang sebelumnya sudah ia kumpulkan di dekat sepeda motor,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).
Polisi Karanganyar langsung melakukan penyelidikan begitu mendapat laporan dan melacak keberadaan pelaku. Dimulai dengan mencari kepemilikan kendaraan tersebut. Setelah berhasil melakukan identifikasi, polisi menangkap pelaku ke rumah kontrakannya di Triyagan.
Di sana petugas ditemui istri pelaku dan mengatakan S sedang melaporkan kehilangan sepeda motor di Mapolsek Mojolaban. Mendapat informasi tersebut, petugas Polres Karanganyar langsung menuju ke Mapolsek Mojolaban untuk menangkap pelaku.
“Pelaku tidak bisa berkelit ketika petugas kami menunjukkan barang-barang bukti yang ditemukan di dekat lokasi kejadian,” imbuh Purbo.
Sementara itu, kepada wartawan S mengaku meninggalkan sepeda motornya karena salah satu bannya bocor.
“Sebenarnya mau kabur bawa motor, tapi bannya bocor jadi tidak bisa dipakai cepat-cepat. Ya sudah saya tinggalkan saja. Saya pulang ke Triyagan jalan kaki,” ujarnya.
Ia mengaku terpaksa mencuri demi membayar kontrakan. Ayah dua anak ini mengatakan sudah dirumahkan oleh juragannya.  “Dulunya supir truk. Sekarang menganggur,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI