Tipu Janda Kempling, Duda Tiga Anak Ngaku Dokter PNS 

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com- Punya tiga anak tapi menganggur, membuat EM (44) nekat berbuat kriminalitas. Duda asal Bandung itu menipu dengan mengaku sebagai seorang dokter kemudian mengelabui janda asal Pakem Sleman, M (25).

Dengan dalih akan dinikahi, EM yang kini berstatus tahanan Polsek Pakem itu, sukses mendapatkan uang puluhan juta dari korbannya. Kapolsek Pakem Kompol Nuning diwakilkan Kanit Reskrim AKP Hadi Purwanto mengungkapkan, tersangka mengaku sebagai dokter umum berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah Jawa Barat. Perkenalan antara korban dengan tersangka, terjadi di media sosial Facebook Desember 2020 lalu. “Di media sosial, tersangka ini mengaku sebagai seorang dokter yang berstatus PNS. Tersangka kemudian intens melakukan komunikasi dengan korban sehingga keduanya semakin dekat,” jelas AKP Hadi.

Bahkan untuk menyakinkan korban, Februari 2021, pelaku datang ke rumah janda kempling

tersebut untuk berkenalan langsung dengan keluarganya. Saat datang, tersangka sengaja memakai baju Korpri lengkap dengan Id card sehingga korban makin percaya. Tersangka mendapatkan baju PNS itu dengan cara membeli kain di Jawa Barat kemudian di jahit ke penjahit. “Agar aksi tipu-tipunya sempurna, tersangka juga membuat ID card palsu seolah itu dari Kemenkes,” urai Hadi.

BERITA REKOMENDASI