Tipu Rp 660 Juta Rupiah, Oknum Karyawan BUMN Ditangkap

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp 660 juta, selanjutnya korban melaporkan ke Polresta Banyumas. Kompol Berry menambahkan dalam aksinya pelaku Tr menghubungi korban melalui telpon dan mengaku sebagai distributor gula pasir dari Jawa Timur.

Kemudian menawarkan gula ke korban yang merupakan pengusaha untuk membeli gula. Kepada korban, pelaku mengatakan dengan sistem pembayaran lunas di awal kemudian dijanjikan barang cepat dikirim. Namun kenyataan pelaku tidak pernah mengirim gula yang sudah dibayar lunas.

Kepada polisi, pelaku, mengaku juga melakukan aksi yang sama di wilayah Jepara, Semarang, Kulon Progo, Madiun dan Surabaya. Selain menangkap pelaku polisi juga menyita sejumlah barang bukti buku rekening Bank BRI, BCA, satu kartu ATM Bank BCA, satu kartu ATM Bank BRI Bisnis, satu buah HP merk LG.

Berkait dengan perbuatan pelaku dijerat dengan Pasal 45A jo Pasal 28 ayat (1) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman maksimal empat tahun penjara.(Dri)

BERITA REKOMENDASI