Toko Adventure di Lempuyangan Jual Kapak Berlogo ‘Palu Arit’

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebuah toko adventure di Jalan Dr Soetomo Lempuyangan Baciro Gondokusuman didapati menjual kapak dengan logo palu arit. Polisi yang menerima laporan tersebut langsung menindaklanjuti dan menyita kapak berwarna hitam serta memintai keterangan pemiluk toko.

Kapolsek Gondokusuman Kompol Solichul Ansor kepada wartawan Senin (25/9/2017) mengungkap pihaknya mengetahui penjualan kapak berlogo palu arit tersebut dari adanya laporan masyarakat. Menurut Kapolsek, seorang pembeli melihat adanya logo palu arit di salah satu barang dagangan toko dan lantas menelpon Kodim 0734 Kota Yogyakarta yang kemudian berkoordinasi dengan Polsek Gondokusuman.

“Akhirnya hari ini kita lakukan pemeriksaan di lokasi toko adventure tersebut dan kemudian melakukan penyitaan pada dua buah kapak yang terindikasi ada logo palu arit. Saat ini barang buktinya kami amankan di Mapolsek,” ungkapnya.

Sementara terkait penjual, berinisial Mul, polisi tidak melakukan penahanan karena setelah dilakukan interogasi yang bersangkutan tidak mengetahui perihal adanya lambang yang diidentikkan dengan organisasi komunis tersebut. “Pemilik toko sudah kami mintai keterangan dan menyampaikan pernyataan tidak akan menjual barang serupa lagi,” sambungnya.

Berdasarkan pengakuan, Mul mendapatkan barang dagangan tersebut dari Pasar Senen Jakarta. Ia memesan dari distributor besar di sana bersama barang-barang keperluan berpetualang lainnya.

“Menurut keterangan yang bersangkutan mendapat barang dari Jakarta, Pasar Senen karena memang tempat belanja barang dagangan keperluan toko di sana setiap beberapa bulan sekali. Namun dari mana asal barangnya, yang bersangkutan tidak mengetahuinya,” sambung Kanit Reskrim Polsek Gondokusuman Iptu Bambang Dwi.

Kapak adventure berlogo palu arit dengan bintang diatasnya tersebut sebenarnya bermerk CCCP atau biasanya digunakan untuk menyingkat Uni Republik Sosialis Soviet dalam bahasa Indonesia. Kapak jenis tersebut cukup banyak diperjualbelikan melalui situs jual beli online dengan harga beragam antara Rp 82-140 ribu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI