Truk Majikan Dibawa Kabur, Digadaikan Lalu ‘Dimutilasi’

 

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Seorang supir truk pengangkut material bangunan bernama Rahmadi (23) diringkus aparat Reskrim Polres Karanganyar. Ia diduga menggelapkan truk majikannya dengan cara digadaikan. Parahnya lagi, truk itu sudah tidak utuh karena dipereteli oleh bengkel tempat Rahmadi menggadaikannya.

Kasatreskrim Polres Karanganyar AKP Kresnawan Husein mengatakan truk yang digelapkan merk Hino Dutro nopol D 8392 XF. Awalnya, Rahmadi meminta izin membawa truk itu untuk mengangkut pasir dan batu ke Sragen. Ia meminta izin selama dua hari pengangkutan ke pemiliknya bernama Aditya asal Pandeyan Tasikmadu pada Selasa (21/9/2021). Namun ternyata digadaikan ke Sriyono asal Sragen melalui perantara Esmuni Fatah.

“Alasannya butuh uang untuk membayar utang dan berjudi online. Pada gadai ini dibayar Rp 5 juta,” kata Kresnawan dalam gelar barang bukti di Mapolres, Senin (25/10/2021).

Tiba saatnya ditagih membayar tebusan pada tiga hari kemudian, Rahmadi kelimpungan. Ia pun meminta tolong Esmuni menggadaikannya lagi. Lalu sang perantara menemukan pihak yang mau menerima gadai truk itu. Yakni sebuah tempat gadai online ‘Amanah Gadai’. Di sini, disepakati nilai gadainya Rp 10 juta. Setelah menerima uang, Rahmadi mencari tempat gadai itu untuk memastikan truknya baik-baik saja. Namun ternyata alamat dan nomor fiktif.  Dirinya pun melapor ke polisi.

“Aparat polsek Tasikmadu dan reskrim menelusuri Amanah Gadai ini. Siapa yang punya dan dimana truk berada. Kemudian aparat menemukannya dengan terlebih dulu menyisir perantara-perantara gadai,” katanya.

BERITA REKOMENDASI