Uang Tak Diambil, Pencuri Pilih Gasak Rokok

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Pencuri membobol minimarket di Jalan Slamet Riyadi No 22B RT.04/RW.06 Karangrejo, Lalung, Kamis (08/09/2016). Ratusan bungkus rokok senilai Rp 23,264 juta digasak pelaku usai merusak gembok toko.

Kasus pencurian ini pertama kali diketahui Intan Setya Kusuma (20), salah seorang karyawan minimarket saat hendak masuk kerja. Ketika itu ia menjumpai dua gembok pintu depan sudah dalam kondisi rusak. Intan kemudian bersama karyawan lainnya memeriksa bagian dalam minimarket dan ternyata hampir semua rokok yang berada di etalase belakang meja kasir raib.

Anehnya dalam kasus ini yang hilang dicuri pelaku hanya rokok yang berjumlah 1.071 bungkus, sedangkan uang tunai dalam laci kasir masih utuh. “Uang masih utuh di dalam plastik. Rp 200 ribu di mesin kasir utama dan Rp 100 ribu di kotak kedua. Juga ada Rp 650 ribu masih utuh,” terangnya.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) tim Inafis Polres Karanganyar, pencuri diduga beraksi antara pukul 03.00 WIB-04.00 WIB. Tim Inafis juga memeriksa rekaman CCTV toko yang menyorot situasi halaman parkir dan di dalamnya pada jam kejadian.

Tak berselang lama, Slamet Riyadi (60) pemilik kios fotokopi ‘Indah’ di sebelah toko Indomaret, melapor ke petugas bahwa dirinya memiliki rekaman gerak-gerik orang mencurigakan diduga pencuri. Kamera yang terpasang di bagian atas kiosnya menyorot seorang di atas sepeda motornya tengah menunggu temannya.

“Pengendara sepeda motor itu datang pukul 03.39 WIB kemudian baru pergi pukul 03.54 WIB. Selama jeda waktu itu, ia seakan menanti seseorang. Sepeda motornya juga dipasang siap tancap gas,” katanya.

KBO Reskrim Polres Karanganyar Iptu Tri Gusnadi mewakili Kasatreskrim AKP Rochmat Ashari membenarkan adanya kasus pebobolan minimarket tersebut. “Pasti pelakunya dapat dikejar. Kami tengah mengumpulkan bukti dan menelusuri identitas pelaku. Masih penyelidikan,” katanya singkat. (R-10)

BERITA REKOMENDASI