Warga Donotirto Tempuh Jalur Hukum Karena Tandatangan Dipalsukan untuk Pemilihan Dukuh

BANTUL, KRJOGJA.com – Hasil proses pemilihan Kepala Dukuh di Dusun Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul pada Desember 2021 lalu kini menimbulkan konflik. Kuat dugaan dalam proses pendaftaran, seleksi hingga pemilihan terdapat kecurangan. Salah satu yang paling santer adalah terjadinya pemalsuan tandatangan warga guna memuluskan langkah terpilih menjadi Dukuh Kalipakel. Hal ini seperti dipaparkan sejumlah warga setempat.

Terkait hal tersebut, masyarakat Kalipakel melalui pengacara Bayonet Law Office, Prajaka Sindung Jaya SH, Septian Krisna SH dan Critian SH menjelaskan, bahwa pihaknya menerima kuasa dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Kalipakel Jejeg untuk melakukan pendampingan serta penyelesaian terkait konflik tersebut dengan memediasi Lurah Donotirto, panitia pemilihan Kepala Dukuh dan masyarakat setempat.

“Telah terjadi pelanggaran demokrasi dalam proses pemilihan Kepala Dukuh di Kalipakel Donotirto. Dimana ada calon yang melakukan pemalsuan tandatangan warga sebagai wujud dukungan guna menjadi syarat turut pemilihan dan terpilih sebagai Kepala Dukuh. Karena warga menuntut akibat pemalsuan tandatangan tersebut, maka kami memberikan pendampingan,” terang Sindung SH.

BERITA REKOMENDASI