Wisatawan Curi Kotak Infak di Masjid DPRD DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Seorang wisatawan asal Garut Jawa Barat (Jabar) berusaha mencuri kotak infak di masjid komplek DPRD DIY, Selasa (20/03/2018). Aksi pencurian yang dilakukan IR (26) berhasil diketahui seorang jamaah yang langsung menangkapnya.

Pelaku menggondol dan merusak kotak amal tersebut lalu mengambil uang di dalamnya. Tersangka kepergok seorang jamaah saat tengah menghitung uang dalam kotak infak.

Begitu kepergok pelaku berusaha lari namun saksi mengejar dan akhirnya berhasil ditangkap tak jauh dari masjid. Tersangka kemudian diserahkan kepada petugas pos jaga Kantor DPRD DIY. “Pelaku telah diamankan berikut barang bukti kejahatan,” kata Kapolsekta Danurejan, Kompol Aslori.

Kepada petugas tersangka mengaku terpaksa mencuri karena kehabisan uang saat liburan ke Yogya. Uang amal itu rencananya akan dipergunakn untuk membeli tiket bis untuk pulang ke Garut.

Sementara itu saksi lain, Arif Santosa yang memergoki pelaku sedang menghitung uang hasil curian kotak infak. Ia lantas mengejar pelaku yang ternyata sedang terlihat menghitung uang.

“Tadi sekitar pukul 10.00 WIB lebih, saya mau ke toilet lihat pelaku duduk di dekat kotak, saya pas di dalam ada suara benturan keras dan ketika saya keluar orangnya sudah tidak ada. Saya minta penyapu masjid mengecek apakah kotak rusak dan ternyata benar sudah rusak,” ungkapnya.

pelaku yang tertangkap sempat menjadi bulan-bulanan warga yang geram seringnya pencurian terjadi di Masjid DPRD. Setelah dihitung, jumlah uang yang dicuri pelaku ternyata mencapai Rp 1.120.000. (Van/Fxh)

BERITA REKOMENDASI