1.030 Calon Jemaah Ajukan Pengembalian Setoran Pelunasan Haji

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan ada 1.030 calon jemaah telah mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya haji selama sebulan usai keputusan pemerintah membatalkan memberangkatkan haji tahun 2020.

“Terkait pembatalan pemberangkatan, seperti mekanisme pengembalian setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) sampai dengan saat ini sudah 1.030 [calon jemaah] yang mengajukan,” kata Fachrul.

Fachrul merinci dari 1.030 calon jemaah yang mengajukan refund sebanyak 955 orang diantaranya sudah terbit Surat Perintah Membayar (SPM) dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Pengajuan itu pun sudah diterima oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji.

Fachrul mengklaim pihaknya sudah bekerja sebaik mungkin agar para jemaah mengalami kemudahan dalam mengurus pengembalian dana tersebut. “Kami mengatakan pengembalian setoran Bipih itu paling lama sembilan hari, nyatanya demikian, ada yang dalam waktu 5,6,7 hari sudah selesai,” kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI