1.600 WNI di Luar Negeri Terkena Imbas Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengatakan 1.600 warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri terkena imbas wabah virus corona yang melanda dunia.

“Sejauh ini sebagai info, bahwa lebih dari 1.600 kasus yang dihadapi WNI macam-macam, yang telah diberikan perwakilan kita di luar negeri,” ujar Retno.

Retno kemudian menjelaskan para WNI tersebut terkena dampak karena banyak negara menghentikan sementara penerbangan internasional, menerapkan lockdown hingga karantina demi mencegah penyebaran virus corona.

Seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri pun terus memantau dan siap memberikan bantuan bagi WNI yang terkena imbas wabah Covid-19 ini, termasuk anak buah kapal.

“Karena WNI banyak yang bekerja di kapal yang pada saat ini dengan beberapa kasus positif di kapal akan berdampak,” tutur Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga kembali menjabarkan pernyataan Presiden Joko Widodo dalam forum G20 yang menekankan kerja sama untuk memenangkan dua peperangan sekaligus, yaitu melawan Covid-19 dan pelemahan ekonomi dunia.

“Dari pertemuan ini, tadi akan dikeluarkan leaders statement yang akan dibagi dalam 4 hal, yaitu upaya mengurangi pandemi, saveguard ekonomi global, address disrupsi perdagangan, dan perkuat kemitraan global,” ucap Retno. (*)

BERITA REKOMENDASI