11 Warga Jepang di Bali Negatif Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pemeriksaan 11 spesimen turis asal Jepang yang sempat singgah di Bali pada 15 Januari 2020 – 19 Januari 2020 negatif.

Juru Bicara pemerintah terkait penanganan virus corona covid-19, Achmad Yurianto mengatakan pemeriksaan dilakukan setelah pihaknya melakukan tracing atau penelusuran kontak.

Pemeriksaan spesimen sendiri dilakukan terhadap orang yang suspect corona. Suspect corona adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap corona, tapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

“Sudah kita lakukan tracing, sudah selesai. Kita curigai 11 close contact di Bali dan sudah kita lakukan pengambilan spesimen dan dilakukan pemantauan ketat ke mereka. Alhamdulillah 11 negatif,” ujar Achmad.

Achmad mengungkapkan pihaknya juga telah menelusuri kontak dari dua warga negara Singapura suspect corona di Batam. Menurut dia, tidak ditemukan warga yang melakukan interaksi dari dekat dengan dua turis Singapura itu.

“Cluster Batam, sudah selesai. Ternyata tidak ada close contact yang kita curigai,” kata dia.

Sementara untuk seorang turis asal Jepang di Banjarmasin, Achmad mengklaim pihaknya tidak menemukan satu warga yang dicurigai terpapar virus corona.

“Cluster Banjarmasin juga sudah selesai. Tidak ada close contact. Kita cari close contact, ya, kalau ketemu biasa kan, tidak close contact tidak kita curigai,” ucap dia. (*)

BERITA REKOMENDASI