168 Calhaj Tertipu Paspor Palsu Dipulangkan Besok

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Sebanyak 168 dari 177 calon jemaah haji asal Indonesia yang tertipu paspor palsu di Filipina rencananya akan dipulangkan, Minggu (04/09/2016) besok. Masih ada 9 WNI lain yang belum bisa pulang ke tanah air karena mereka masih harus dimintai keterangan oleh kepolisian Filipina.

Direktur Perlindungan Warga Negera Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, 168 WNI dapat dideportasi pada akhir pekan ini karena sudah mendapatkan persetujuan dari otoritas Filipina. Persetujuan itu didapatkan setelah KBRI Manila melakukan berbagai upaya, termasuk menyampaikan surat jaminan tambahan kepada otoritas Filipina.

Para WNI tersebut rencananya akan diterbangkan dengan pesawat khusus dari maskapai Air Asia dari Manila menuju Jakarta melalui Makassar. Sebanyak 100 penumpang yang berasal dari Sulawesi akan diserahterimakan kepada Pemda Sulawesi Selatan di Bandara Hassanudin, sementara 68 WNI lainnya akan diserahterimakan oleh duta besar kepada masing-masing pemerintah daerah di Bandara Soekarno-Hatta. (*)

BERITA REKOMENDASI