1,8 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Segera Tiba Lagi Bulan Ini

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Menteri BUMN I sekaligus Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin menyatakan 1,8 juta dosis vaksin covid-19 akan kembali tiba di RI pada bulan ini.

Jika ditotal dengan vaksin yang tiba lebih dulu pada Minggu (06/12/2020) malam sebanyak 1,2 juta dosis, maka total vaksin yang akan tiba pada pengujung 2020 sebanyak 3 juta dosis.

“Seperti yang Bapak Presiden sudah sampaikan kemarin malam bahwa ada kabar baik di mana 1,2 juta vaksin jadi sudah tiba di Indonesia. Kemudian, insyaAllah akan disusul dengan 1,8 juta vaksin jadi yang juga akan tiba bulan ini,” katanya.

Selain vaksin jadi, ia bilang RI juga akan menerima bahan baku vaksin covid-19 sebanyak 15 juta dosis. Bahan itu akan diolah oleh Bio Farma menjadi 12 juta dosis vaksin.

Vaksin olahan ini baru akan tersedia pada awal tahun depan. Setelahnya, pada Januari 2020, akan tiba tambahan bahan baku vaksin sebanyak 30 juta dosis yang akan diolah menjadi vaksin jadi sebanyak 24 juta dosis.

Ia memperkirakan vaksin baru akan jadi sebulan setelahnya atau pada Februari. Namun, Budi tak merincikan dari mana vaksin-vaksin tersebut berasal. (*)

BERITA REKOMENDASI