2.120 Peserta Mudik Gratis Nataru Diberangkatkan

JAKARTA.KRJOGJA.com- Sebanyak 2.120 peserta mudik gratis Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, diberangkatkan menggunakan 53 bus ke berbagai kota tujuan. Pelepasan keberangkatan bus ini dilakukan di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019).

Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, pelaksanaan mudik gratis Natal dan Tahun Baru ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan bekerjasama dengan PT Jasa Raharja. "Dari kuota yang disediakan, hingga pelaksanaan pemberangkatan sudah terpenuhi 100 persen," ujarnya saat melepas keberangkatan mudik gratis Natal dan Tahun Baru.

Selain masyarakat umum, Menurut Budi Setiyadi, mudik gratis kali ini juga melayani penyandang disabilitas. "Kita juga harus ingat bahwa ada saudara kita penyandang disabilitas, kita siapkan kendaraannya,” jelasnya.

Budi Setiyadi mengatakan, program mudik gratis Natal dan Tahun Baru yang pendaftarannya dimulai pada tanggal 18 November hingga 18 Desember 2019 tersebut, mendapat antusiasme tinggi dari masyarskat. "Peminatnya ternyata banyak. Karena itu tahun depan kuotanya akan ditambah. Kalau sekarang 53 bus, mungkin nanti ditambah 100 bus," tuturnya.

Adapun dari 53 bus mudik gratis yang dinerangkatkan kali ini memiliki kkta tujuan, yaitu Semarang (5 bus), Yogyakarta (15 bus), Solo (23 bus), Boyolali (3 bus), Malang (2 bus), Purwokerto (1 bus), dan Surabaya (1 bus). Sedangkan untuk disabilitas melayani kota tujuan Solo​​, terdiri dari tiga bus (1 Bus Akses, 1 Bus Elf, 1 Bus Medium).

"Untuk peserta disabilitas terdiri dari tunanetra​ 36 orang, pemakai kursi roda​ 6 orang, serta pendamping​ 7 orang," jelas Budi Setiyadi.

Selain Terminal Pulau Gebang, pemberangkatan Bus Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru juga dilakukan serentak dari Terminal Kampung Rambutan, Terminal Jatijajar, Terminal Kalideres, Terminal Poris Plawad dan Terminal Mengwi Bali. (Imd)

BERITA REKOMENDASI