2 Juta Lebih Pekerja di Indonesia Terdampak Pandemi Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menaker Ida Fauziyah mengatakan, saat ini Indonesia bersama lebih dari 200 negara di dunia sedang berjuang melawan pandemik Covid-19 yang telah berdampak pada kehidupan manusia dan hingga saat ini lebih dari 2 juta pekerja, baik di sektor formal maupun informal di Indonesia telah terdampak pandemi tersebut.

“Di Indonesia, kami telah mengkonfirmasi hampir 7.775 ribu kasus Covid-19, yang kini telah dilaporkan ke WHO, dengan lebih dari 647 orang meninggal dan sembuh 960 orang,” kata Ida yang didampingi Dirjen PHI & Jamsos, Haiyani Rumondang, Karo Kerja Sama Luar Negeri (KLN) Indah Anggoro Putri, Ses Ditjen PHI & Jamsos, Adriani dan karo Humas Soes Hindharno di Jakarta, Kamis (23/4/2020) malam.

Dalam menghadapi pandemik Covid-19, ia menjelaskan pemerintah Indonesia di bidang ketenagakerjaan telah mengambil sejumlah tindakan atau langkah bagi rakyatnya yakni mengoptimalkan pelaksanaan Program Kartu Pra-Kerja (Pre-Employment Card) khususnya bagi pekerja yang terkena PHK melalui pemberian pelatihan dan dukungan finansial.

Selain itu, memberikan insentif pelatihan berbasis kompetensi dan produktivitas bagi masyarakat terdampak, mengoptimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) melalui Program BLK Tanggap Covid-19 dalam rangka memitigasi dampak pandemik. Ida menyampaikan hal itu dalam pertemuan luar biasa dengan Menteri-Menteri Perburuhan dan Ketenagakerjaan dari Negara Anggota G20 dan Engagement Group G20.

BERITA REKOMENDASI