20 Persen Saham Vale Indonesia Resmi Milik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) Persero atau Holding Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID) resmi mengambil alih 20 persen saham PT Vale Indonesia.

Hal ini tertuang dalam perjanjian jual beli saham (shares purchase agreement) antara kedua belah pihak. SVP Corporate Secretary Inalum Rendi Witular mengungkapkan perjanjian ambil alih saham ini diteken oleh Inalum dan pemegang saham mayoritas Vale Indonesia, yaitu Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM). Mereka meneken kerja sama tersebut pada Jumat (19/06/2020).

“Penandatanganan perjanjian ini adalah langkah awal dimulainya kerja sama strategis jangka panjang antara MIND ID dan Vale Indonesia untuk membeli saham divestasi Vale Indonesia,” ungkap Rendi.

Dengan divestasi saham ini, Vale Canada Limited akan melepas kepemilikan sahamnya sebesar 14,9 persen dan Sumitomo Metal Mining melepas 5,1 persen dengan nilai Rp2.780 per saham. Artinya, total transaksi divestasi saham ini sebesar Rp5,52 triliun. “Transaksi penjualan ini ditargetkan akan selesai pada akhir 2020,” imbuhnya.

Rendi mengatakan komposisi kepemilikan saham akan berubah, di mana Vale Canada Limited akan memiliki saham Vale Indonesia sebesar 44,3 persen, Inalum 20 persen, Sumitomo Metal Mining 15 persen. Sementara, kepemilikan saham publik hanya 20,7 persen. (*)

BERITA REKOMENDASI