2017, Pulau Enggano Dijaga TNI

JAKARTA (KRjogja.com) – Mulai tahun depan pasukan TNI akan menjaga Pulau Enggano. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya kekuatan asing di wilayah tersebut.

"Untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, akan kita tempatkan pasukan dari Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha di Pulau Enggano yang posisinya merupakan pulau terluar dan lokasinya strategis," kata kata Komandan Korem (Danrem) 041 Garuda Mas Bengkulu, Kolonel Inf Andi Muhammad, di Kabupaten Rejang Lebong, Minggu (20/11/2016).

Jumlah pasukan yang akan menjaga Pulau Enggano tersebut ada satu SST (satuan setingkat peleton/ton) dan akan dilakukan secara bergantian oleh pasukan Yonif 144/Jaya Yudha Curup yang baru pulang dari pengamanan perbatasan negara dengan Malaysia di Kalimantan Barat.

Penempatan pasukan di Pulau Enggano itu sendiri akan dilaksanakan terhitung tahun depan. Kendati di pulau itu sudah ada Koramil, namun jika dilihat dari jumlah penduduk, luas wilayah, letak geografis dan kondisi sosialnya diperlukan perkuatan pengamanan minimal satu SST. (*)

 

TNI

BERITA REKOMENDASI