2017, Terminal Internasional Bandara Hussein Dioperasikan

BANDUNG (KRjogja.com) – Pembangunan terminal penumpang internasional Bandara Hussein Sastranegara hampir rampung dan bisa dioperasikan pada Januari 2017. Pembangunan terminal ini untuk meningkatkan kapasitas bandara, seiring terus meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bandung.

"Target beroperasi (terminal internasional) 2 Januari 2017. Progresnya sudah 97%, tinggal dibersihkan dan kelengkapan-kelengkapan lainnya," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai meninjau langsung progres pengembangan terminal penumpang internasional Bandara Hussein Sastranegara Bandung. 

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mengembangkan terminal penumpang internasional Bandara Hussein Sastranegara  Bandung. Nantinya terminal internasional ini akan memiliki kapasitas 1 juta penumpang per tahun. Sebelumnya jumlah penumpang internasional mencapai 600 ribu penumpang per tahun. 

Dijelaskan Menhub, Bandung telah menjadi destinasi wisata baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. "Jumlah wisatawan ke Bandung beberapa tahun lalu belum sampai 2 juta, sekarang sudah 3,4 juta. Ini sangat menggembirakan," katanya.

Saat ini Bandara Hussein Sastranegara melayani tiga rute penerbangan internasional antara lain ke Johor, Kuala Lumpur, dan Singapura. Menhub Budi meminta kepada pengelola bandara untuk membuka rute penerbangan ke Bangkok, Thailand, sehingga konektivitas dengan tujuan destinasi wisata seperti Bandung dengan internasional akan semakin terbuka. (Imd)

         
 

BERITA REKOMENDASI