2018, Bandara Baru Dibangun di Sukabumi

BANDUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah berencana akan membangun bandar udara (bandara) di Sukabumi, Jawa Barat, 2018 mendatang. Pembangunan proyek ini merupakan salah satu megaproyek di Jawa Barat yang didorong Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain bandara di Sukabumi, beberapa proyek besar yang juga di dorong Presiden adalah pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), jalan tol Bogor-Cianjur-Sukabumi (Bocimi), Bandara Wiriadinata di Tasikmalaya, jalur double track ke reta api Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung, dan revitalisasi Sungai Citarum.

”Pemerintah akan mendorong dan ikut terlibat dalam penyelesaian sejumlah proyek besar di Jawa Barat yang hingga kini belum rampung. Komitmen itu akan mulai awal 2018,” ujar Jokowi saat menghadiri Hari Jadi Angkatan Muda Siliwangi ke-51 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, kemarin.

Jokowi menekankan BIJB bisa beroperasi 2018 dan bisa di gunakan masyarakat agar mo bilitas warga Jawa Barat terutama di bagian utara, selatan, dan timur lebih mudah. Selain BIJB, Jokowi juga men dorong agar bandara di Tasikmalaya bisa secepatnya beroperasi penuh. Dia mengakui ban dara tersebut cukup bagus, te tapi minim pesawat yang beroperasi di daerah itu. Bahkan, Jokowi sempat menyindir persoalan izin yang cukup lama.

”Saya sempat tanya kenapa izin nya belum keluar. Akhirnya saya telepon dan minta agar dua minggu segera dikeluarkan. Tapi ternyata sorenya izin tersebut sudah keluar. Masa soal izin gini saja harus presiden yang minta,” kata Jokowi. (*)

 

BERITA REKOMENDASI