2019 Pemerintah Fokus Pembangunan SDM

Editor: KRjogja/Gus

BEKASI, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai uji kompetensi yang digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP berjalan secara fair karena dari 6.201 orang yang mengikuti uji kompetensi pemagangan, sebanyak sebanyak 5.635 orang dinyatakan kompeten.

“Jadi yang tidak lulus 566 orang. Artinya uji kompetensi ini beneran karena ada yang tidak lulus. Kalau lulus semua, saya malah curiga, beneran ga sih… Kalau ada yang tidak lulus, berarti (uji kompetensi-red) ini benmar, “ kata Presiden saat menyerahkan sertifikat kompetensi pemagangan kepada 3000  peserta pemagangan di Bekasi, Rabu (27/12/2017).

Selain itu menyerehkan sertifikat pada 97 pembimbing/mentor serta piagam penghargaan kepada perusahaan/industri sebagai penyelenggara program pemagangan yang meliputi lima sektor, yaitu Sektor Perbankan, Manufaktur, Pariwisata/Perhotelan, Ritel dan Perikanan dan Kelautan.

Dikatakan Presiden, saat ini pemerintah sedang berkonsentrasi kepada pembangunan infrastruktur karena infrastruktur merupakan hal fundamental dan sangat penting agar bisa bersaing dengan negara-negara lain. Anggaran pun difokuskan dan dikonsentrasikan di bidang infrastuktur. 

Sementara di tahun 2019, pemerintah akan fokus dan konsentrasi kepada pembangunan SDM, karena untuk menjadi Negara maju tidak bisa lagi mengandalkan SDA, melainkan kuncinya di pembangunan SDM.  “Kalau SDM kita bisa up grade, bisa keluarkan dengan kompetensi, ketrampilan yang baik. “Ini lah modal kuat kita untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain dan kita miliki kemampuan untuk itu,“ kata Presiden.

Jika tahun 2017, sebanyak 5635 telah dinyatakan kompeten, Presiden mengaku telah memerintahkan Menaker Hanif untuk merancang secara serius tahun 2019 sebanyak 1,4 juta orang bisa ikut program pemagangan dan bisa memperoleh sertifikat kompetensi. Presiden juga mengingatkan sertifikat kompetensi bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi justru merupakan awal dari perjalanan pemagang. 

”Teruskan kembangkan kemampuan kalian, teruskan inovasi dan tunjukkan SDM Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain, “ kata Presiden. Hadir dalam acara penyerahan seritifikasi pemagangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sektetaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. (Ful)

BERITA REKOMENDASI