2019, Semua SMA/SMK Adakan UNBK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dirjen Dikdasmen Hamid Muhammad mengatakan pemerintah menargetkan tahun 2019 semua sekolah sudah  UNBK sehingga pemerintah telah  memberikan bantuan komputer ke sekolah yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Tahun depan juga sudah bisa kita laksanakan (100%). Saat ini ada 19 Provinsi yang telah melaksanakan 100% UNBK. Sementara itu masih ada daerah yang masih sedikit atau 60% menggunakan UNBK. Tentu saja daerah-daerah yang terpencil itu akan beri prioritas untuk pelaksanaan UNBK tahun depan dengan memberikan bantuan-bantuan yamg diperlukan supaya bisa segera memenuhi ketentuan, standar sehingga bisa melaksanakan UNBK," tegasnya.

Menurut Hamid bagi  siswa korban bencana ada kebijakan khusus maupun yang tengah mengungsi ke luar daerah.  "Nanti akan ada kebijakan khusus, sama seperti di (tsunami) Aceh.  Kebijakan akan dikeluarkan  Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kemendikbud," kata Hamid Muhammad.

Salah satu kebijakan khusus tersebut menyangkut pelaksanaan UN di lokasi pascabencana. Siswa di lokasi bencana diperbolehkan ikut UN di luar jadwal pelaksanaan nasional.  "Mereka bisa ikut jika sudah siap, tidak harus seusai jadwal UN normal," ujar Hamid.

Kelonggaran tersebut diberikan, mengingat pemulihan pascabencana di Sulawesi Tengah diperkirakan memakan waktu yang lama.  Bahkan menurut Hamid, akan lebih lama ketimbang pemulihan bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Ati)

BERITA REKOMENDASI