2020, Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Premium

YOGYA,KRJOGJA.com – Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Labuan Bajo menargetkan pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) siap menjadi destinasi wisata premium pada tahun 2020 mendatang. Saat ini, BOP sedang gencar melakukan berbagai upaya dan percepatan dalam mencapai target tersebut.

Direktur Utama BOP Labuan Bajo Shana Fatina, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan Labuan Bajo bisa mendatangkan 500 ribu hingga 1 juta wisatawan bila sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata premium.

Shana menyebut pihaknya sedang menyiapkan sejumlah hal, termasuk tenaga kerja dan infrastruktur, untuk mendukung harapan Jokowi.“Saat ini sedang kita siapkan infrastruktur dan akomodasi untuk bisa menjadikan Labuan Bajo sebagai wisata premium seperti harapan dari Presiden Jokowi,” kata Shana Fatina dalam keterangan yang diterima krjogja.com (06/08/2019).

Menurut Shana, harapan presiden tersebut juga ditegaskan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Labuan Bajo. Karenanya, target 500 ribu hingga 1 juta wisatawan harus bisa diwujudkan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Rencananya dibangun wisata premium yang akan dibuat di Labuan Bajo. Shana memastikan bukan diartikan sebagai wisata yang mahal. Namun, wisata premium yang dimaksud adalah wisata yang otentik dan tidak banyak kosmetik dalam membalut pariwisata yang ada.

“Wisata premium ini bukan berarti wisata yang mahal. Tapi kita mau menjaga keotentikan dari Labuan Bajo dan tidak terlalu banyak make-up,” ucapnya.

Shana menjelaskan, setidaknya ada 3 infrastruktur yang sedang dikejarnya untuk menunjang Labuan Bajo sebagai tujuan destinasi wisata premium. Ketiganya adalah Bandara Komodo menjadi bandara internasional, jalan Trans Flores dan pelabuhan serta marina. Ia menyebut bahwa semuanya ditargetkan selesai pada tahun depan. (Ive)

BERITA REKOMENDASI