2021, Pemerintah Tetap Berikan Subsidi Kuota

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pada tahun 2021 ,pemerintah  (Kemdikbud -red) akan kembali memberikan subsidi kuota internet , danuntuk guru, siswa, mahasiswa dan dosen.

Bantuan ini untuk mendukung proses belajar daring di tengah pandemi covid-19 ,mengingat pandemi yang masih berlangsung, dan kemungkinan sebagian pelajar masih akan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) meski izin pembukaan sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) .

“Kita masih melihat situasi, kami akan meminta arahan kepada Mas Menteri (Mendikbud Nadiem Makarim) bersama penggambil kebijakan yang lain dalam hal bantuan subsidi kuota internet ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusdatin, Kemendikbud, Hasan Chabibie dalam siaran YouTube Arus Survei Indonesia (ASI).

Jika memang masyarakat masih membutuhkan, maka adalah bukan tidak mungkin program bantuan subsidi kuota bakal dilanjutkan. Berbagai evaluasi akan dilakukan oleh Kemendikbud.”Tapi karena kami belum ada arahan secara pasti, tentu kami akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dari masukan masyarakat,” terang dia.

Bantuan subsidi kuota internet banyak mendapat sambutan positif sejak dialirkan pada bulan September 2020. Namun beberapa perbaikan memang harus dilakukan untuk menyempurnakan program bantuan.

“Evaluasi ini di penghujung tahun ini kami coba lakukan dari faktor-faktor yang sudah kita himpun dari publik. Seandainya akan terjadi lagi (program subsidi kuota), kita sudah siap dengan skenario perbaikan,” tutupnya.

Subsidi kuota sangat dibutuhkan dan dinilai mampu meringankan beban ekonomi. Dalam survei ASI juga dapat dilihat jika 80,5 persen publik meminta program subsidi kuota dilanjutkan untuk pada 2021.

“Sebanyak 80,5 persen publik menilai program bantuan kuota internet perlu dilanjutkan di tahun 2021,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI), Ali Rif’an .(ati)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI