2022, Vaksin Merah Putih Siap Produksi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan vaks corona(covid-19) buatan Indonesia atau vaksin Merah Putih memasuki tahap uji coba pada hewan.

“Kita targetkan tahun depan uji klinis ke manusia tahap satu, dua dan tiga. Kalau lancar semua mudah-mudahan awal 2022 mungkin kita produksi vaksin merah putih”,

Demikian Menristek/Kepala BRIN Bambang Brojonegoro , dalam konferensi daring, Kamis, (13/8 2020).

Uji coba pada hewan ini dilakukan guna melihat efektifitas vaksin sebelum melanjutkan ke tahap pengujian berikutnya.

“Prosesnya sampai saat ini sedang menyiapkan kloning dari proteinnya yang diuji coba pada mamalia, untuk hewan,” kata Bambang dalam konferensi daring, Kamis, 13 Agustus 2020.
berharap proses kloning tersebut berjalan lancar. Sebab, jika berhasil pada hewan, maka vaksin covid-19 buatan Indonesia tersebut bakal diuji coba pada manusia.

“Uji coba pada hewan ini sebelum masuk uji klinis pada manusia,” ujar Bambang.

Dalam prosesnya, untuk uji coba pada hewan ini bakal memakan waktu satu bulan. Sebelum diuji coba pada manusia, vaksin Merah Putih nantinya juga bakal ditinjau ulang oleh perusahaan medis, Bio Farma.

“Kalau memang efektif di hewan, maka bisa dimulai diuji cobakan dengan diserahkan pada Bio Farma untuk memproduksi vaksin yang dipakai dalam tahap pertama,” ungkapnya.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyebut untuk uji klinis ditargetkan dapat dieksekusi pada 2021. Kemudian pada 2022, vaksin Merah Putih bisa diproduksi.

“Kami targetkan tahun depan uji klinis ke manusia tahap satu, dua dan tiga. Kalau lancar semua mudah-mudahan awal 2022 mungkin kita bisa produksi untuk vaksin merah putih,” tutur Honesti .(ati)

BERITA REKOMENDASI